_edited.jpg

Connect with Tracey

  • LinkedIn

Tracy Harjatanaya

Board member of Yayasan Perguruan Sultan Iskandar Muda and PhD candidate at University of Oxford

Tracey Yani Harjatanaya saat ini menjabat sebagai Dewan Pembina di Yayasan Perguruan Sultan Iskandar Muda, Medan dan kandidat doktor di bidang pendidikan di University of Oxford. Selama hampir 10 tahun, Tracey bergerak di bidang pendidikan, khususnya pendidikan multikultural baik secara akademis maupun profesional.

Tracey baru saja menyelesaikan proyek penelitian S3-nya yang menganalisa bagaimana sekolah dengan konteks demografi agama yang berbeda (homogen dan heterogen) dan para stakeholder terkait mengimplementasikan visi keBhinekaan di sekolahnya masing-masing. Dari hasil penelitian ini, Tracey menemukan bahwa interpretasi keBhinekaan dari satu sekolah ke sekolah lain dan dari satu stakeholder ke stakeholder lain bisa beragam dan sangat kompleks, yang akhirnya mempengaruhi pengakomodasian visi keBhinekaan ini di tingkat institusi sekolah dan di dalam kelas.

Merespons hasil penelitian ini, saat ini Tracey sedang mempersiapkan proyek baru yang berpusat kepada pengembangan profesionalitas dan kepemimpinan guru dan pimpinan sekolah agar bisa mengimplementasikan nilai-nilai keBhinekaan dengan lebih holistik dan tidak hanya terbatas pada hal yang seremonial. Proyek ini juga akan membimbing siswa dan guru untuk terlibat dalam social action-participatory research dimana siswa dan guru (dan ke depannya juga orang tua dan komunitas) akan berperan sebagai peneliti untuk mencari tahu bagaimana bisa mengembangkan praktik KeBhinekaan yang lebih baik di sekolahnya masing-masing.

Dengan dua proyek yang dilakukan bersamaan ini diharapkan dalam meningkatkan pemahaman dan kapasitas seluruh stakeholder dalam mengimplementasikan nilai-nilai KeBhinekaan dengan lebih sistematis dan kritis yang tentunya memperhatikan nilai-nilai budaya nasional, lokal, dan sekolah. 

Watch our Q&A with Tracey

"Don't become a teacher. You'll earn very little..."

©2020 by Nusantara Innovation Forum.